Pages

August 15, 2014

TMII

as expected, today we're going to Taman Mini Indonesia Indah.
and well . . . I'll start telling you about my day using both Bahasa Indonesia (informal) and English. kita (berempat) dari dulu emang suka banget menclok sana-sini buat berkunjung ke tempat-tempat yang punya sejarahnya masing-masing. nah, kegemaran itu kebawa deh sampai sekarang. kita masih suka sama museum, planetarium, perpustakaan, kantor pos, dll. kita sih nyebutnya wisata edukasi. karena, kita yang beranjak tua ini kangen banget sama masa-masa SD yang sering banget melakukan kunjungan ke museum-museum.

hari ini, kita sepakat buat berkunjung ke TMII.
rada takut sih pakai angkutan umum, karena kita biasa pakai mobil pribadi kesana atau sama sekolah waktu dulu. jadi tinggal duduk manis aja, gitu. buat kalian yang butuh panduan, how to reach Taman Mini Indonesia Indah from Bogor, I'll tell you the details here. Just wait and see!

tiket masuknya cukup 10.000 saja.
tapi belum termasuk transportasi TMII, sky lift, istana anak-anak Indonesia, snow bay, theater IMAX keong mas, dll. jadi mesti bayar lagi kalau kalian mau main dan naik ini-itu. didalem TMII sendiri 'bakal' ada yang nawarin kalian buat sewa sepeda motor kalau mereka ngeliat kalian ngga menggunakan transportasi pribadi, alias jalan kaki. harganya 40.000/ jam. too expensive ngga sih?! it's up to you sih, after all. heee. tapi kita sih ngga jadi menyewa, karena udah kecewa duluan.

and our journey starts here :

lovely plates from West Sumatera's main house museum.
// love their collections //

still on the same place "West Sumatera"
kita cuma bisa pergi berdua, karena sisanya pada mulai sibuk dengan urusan kamfus.

in front of Theater IMAX Keong Mas

lagi naik sky lift, terus jadi keinget masa lalu.
kemarin-kemarin habis ngeliat foto keluarga, terus ada gue yang lagi foto di depan kastil beginian. ternyata~ ternyata disini tooh.

The Islands Miniature *loooove it!*
ngga tau kenapa hari ini memang sepi atau gimana, ya!?
tapi emang sepi bener. yang banyak paling para turis-mancanegara gitu. ada yang dari China, Persia, Korea, dll. turis domestik-nya dikit bangeeet.


Febby and I posed in front of Toraja house / Sulawesi

the most wanted place to be visited by us, Papua.
kita suka banget sama ukirannya. tapi sayangnya lokasi ajungan Prov.Papua ini ada di bagian ujung belakang TMII. tapi meski jaraknya jauh, rasa kesukaan kita sudah terbayarkan kok.

look what they have!
love-love-love-love. I wanted to take a picture of every single things inside the museum, but . . .but . . .kalau gue foto semua barangnya dan di-share disini, bisa sepi kali TMII. jadi, mending kalian dateng sendiri dan puas-puasin deh main disana.


tutorial > how to reach there (from Bogor)

keberangkatan : naik bis jurusan Bogor - Kp.Rambutan turun di Terminal Kp.Rambutan (turunnya jangan pas di Terminalnya. turun di perempatan sebelum masuk terminal. pokoknya, dimana orang semuanya pada turun dari bis, turun aja disitu) kalau naik dari Terminal Bogor, ongkosnya 15.000. tapi kalau kalian naik dari jalan, tarifnya menyesuaikan ya ---> cari angkot S15A, jangan lupa bilang "TMII, bang?" (kalau abangnya meng-IYA kan, bilang juga "tolong diturunin di pintu 2 TMII". karena, kalian ngga perlu capek-capek jalan jauh gitu. jadi pas turun dari angkot, udah langsung pintu masuk TMII deh) ongkosnya 5.000

pulangnya : akses dari pintu 3 TMII ---> naik angkot 40 turun di Terminal Kp.Rambutan-nya (sebaiknya turun di pas pintu masuk Terminal. kalau turun di belakang terminal, lumayan jauh juga jalan ke depannya. hati-hati! banyak copet) ongkos 5.000 ---> jalan kearah kerumunan bis dan kerumunan orang banyak (samping sebelah kanan, kalau kalian turun dari angkot) ---> tunggu aja sampai bis Bogor - Kp.Rambutan lewat (lebih baik nunggu bis-nya lewat dari pada kalian yang nyari bis-nya. karena 'kosong' bangeeet kalau kalian naik dari waktu mereka masih ngetem) ongkosnya sama 15.000 kalau emang mau turun di terminal Bogor lagi. selamat mencobaaa~

*to be continued* -tewas

No comments:

Post a Comment