Pages

April 22, 2011

Kartini's Day

HAPPY KARTINI'S DAY


Today is Kartini's Day. Kartini's Day held to remember her kindness because of her, Indonesian woman could get the same degree with a man [in that time]. On the top, that's Kartini. She's full name is Raden Ajeng Kartini [we can abbreviated it to be R.A Kartini]. She's born in April 21st, 1879 and passed away in Sept 17th, 1904. Kartini is known as a pioneer in the area of women's rights for native Indonesians. Kartini as known as an Indonesian national heroine.


another photos from Kartini with her sisters
left-right : Kartini, Kardinah, and Roekmini (read : Rukmini)

more about R.A Kartini, click here.

***

            Kenapa ya, Hari Kartini sekarang tuh udah mulai ngga diinget sama anak-anak Indonesia. Taunya, Hari Valentine, Hari Jadian sama someone special, dan hari-hari lainnya. Dulu tuh ya, kayanya seminggu sebelum Hari Kartini dateng, Ibu-ibu udah ribet nyariin baju Kebaya buat anaknya, milihin Salon mana yang bagus - or prefer do it by herself = HEMAT, nyari KONDE, pokonya udah rame banget deh itu pasar. Tapi kok sekarang [gua rasa] kebiasaan itu tuh udah sedikit memudar. Ngga ngerti kenapa. Pasti setiap Hari Kartini dateng, kita tuh [pasti] selalu pakai baju Kebaya ke sekolah, terus di sekolah tuh udah ada panggung kecil buat peragaan busana gitu [hahahapasih, gaje banget gua]. Seru banget! Pokoknya, kerasa banget deh ngerayain Hari Kartini. Sampai-sampai ada om-om tukang foto yang suka asal jeprat-jepret anak-anak yang pada pake baju Kebaya terus langsung dicetak dan digelar gitu ngejualnya. Beuh. . ., kalau itu om-om dateng ke sekolah gua, apalagi disebelah gua ada Ibu gua, dan ada muka gua terpampang di gelarannya itu, PASTI gua langsung minta beliin fotonya deh. Abis gua fikir, itu muka-muka gua, ya kalau ngga diambilkan sayang. Kapan lagi gua punya foto dengan muka kaya begitu [?!]

                Yang gua harapin buat beberapa tahun ke depannya sih, semoga aja Hari-hari bersejarah tuh lebih sering diingat dan diapresiasikan dengan mengadakan berbagai acara yang mudah diminati oleh anak-anak Indonesia. Itu aja sih. Sekian dari saya, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan. Wassalamu'alaikum wr.wb [??]

No comments:

Post a Comment